Resep JSR: Obat Penyakit Tipes

JSR Obat Tipes

Resep JSR: Obat Penyakit Tipes

Penyakit tipes menjadi salah satu penyakit paling berbahaya karena menyerang imun tubuh. Dan menjadi salah satu penyakit yang sering di derita oleh masyarakat Indonesia. Para dokter sebenarnya sudah punya obat penyakit tipes ini. Tapi, pastinya itu berbahan dasar kimia yang mempunya efek samping. Kali ini di resep JSR, insyaallah ada obat yang lebih sehat yaitu dengan menggunakan rempah rempah pastinya.

Dilansir dari Halodoc, Penyakit tipes adalah suatu gangguan yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Gangguan yang disebut juga dengan demam tifoid umumnya terjadi di negara-negara industri. Seseorang dapat terkontaminasi oleh bakteri tersebut melalui penyebarannya melalui makanan dan air, serta kontak dekat dengan yang terinfeksi. Penyakit ini juga merupakan ancaman serius jika menyerang anak-anak.

Berikut cara pembuatan Resep JSR untuk obat penyakit Tipes:

BACA JUGA: Resep JSR Obat Sinus

Bahan Resep JSR Obat Penyakit Tipes

  1. Kunyit bubuk 1 sdt
  2. Lada hitam seujubg sendok
  3. Madu
  4. Air 250-300 ml
  5. Jeruk nipis 1/2-1 perasan .

Cara Membuat Resep JSR Obat Penyakit Tipes

  1. Seduh kunyit dan Lada hitam
  2. Jika tidak Ada kunyit bubuk, bisa memakai kunyit segar
  3. Parut kunyit tersebut
  4. Tunggu hangat
  5. Beri madu dan jeruk nipis
  6. Konsumsi 1-2 kali sehari sebelum makan

BACA JUGA: Resep JSR Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat Lada Hitam

Dari Doktersehat, Meski banyak masyarakat lebih mengenalnya sebagai bumbu dapur, sudah sejak lama lada hitam digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini adalah berbagai manfaat lada hitam yang baik untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Sel Tubuh

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh. Beberapa radikal bebas diciptakan secara alami, seperti ketika Anda berolahraga dan mencerna makanan. Namun, radikal bebas yang berlebihan dapat disebabkan oleh polusi, asap rokok, dan sinar matahari.

Radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti peradangan, penuaan dini, penyakit jantung, dan kanker tertentu. Lada hitam kaya akan senyawa tanaman yang disebut piperine, senyawa yang memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah atau menunda efek merusak radikal bebas.

2. Mencegah Peradangan

Peradangan kronis dapat menjadi faktor yang mendasari banyak gangguan kesehatan, seperti radang sendi, penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa senyawa aktif utama di dalam lada hitam yaitu piperine, dapat secara efektif melawan peradangan. Namun, penelitian ini baru dilakukan pada hewan sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan pada manusia.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat lada hitam yaitu mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson. Meski begitu, khasiat lada hitam baru dilakukan pada hewan, penelitian lanjutan pada manusia diperlukan untuk memverifikasi temuan ini.

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Dalam sebuah penelitian, seseorang yang mengonsumsi suplemen yang mengandung piperine dan senyawa lainnya selama 8 minggu mengalami peningkatan signifikan dalam sensitivitas insulin—sebuah ukuran seberapa baik hormon insulin menghilangkan glukosa dari aliran darah.

Namun, tidak jelas apakah efek yang sama akan terjadi apabila mengonsumsi lada hitam saja, karena kombinasi dari banyak senyawa tanaman aktif digunakan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian.

5. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak lada hitam bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kandungan piperine diyakini dapat meningkatkan penyerapan suplemen makanan yang memiliki efek penurun kolesterol potensial seperti kunyit dan ragi beras merah

Namun, karena penelitian masih dilakukan pada hewan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah lada hitam itu sendiri memiliki efek menurunkan kolesterol yang signifikan pada manusia.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay in Touch

To follow the best weight loss journeys, success stories and inspirational interviews with the industry's top coaches and specialists. Start changing your life today!

Related Articles